Tuesday, August 9, 2011

Sangat mudah bagi kita untuk membayangkan liburan yang menyenangkan. Tapi tentu kita tidak akan mau menghadapi permasalahan usai kembali dari liburan. Tagihan yang telat bayar, pekerjaan yang tidak terselesaikan atau bahkan yang terburuk janji kepada pelanggan yang terlupakan.



Sebelum akhirnya Anda menghadapi hal buruk tersebut, persiapakan semuanya sebelum berlibur.  beberapa langkah untuk membuat daftar yang harus dilakukan sebelum pergi berlibur :


1. Cek Agenda
Liburan yang tertunda bukan alasan untuk membuat Anda menjadi ceroboh. Lakukan cek ulang agenda Anda, apakah ada janji yang dibuat seperti rapat dengan pelanggan atau pergi ke dokter, pada saat Anda pergi nanti. Cek juga kalender setelah Anda kembali liburan dan atur pengingat pekerjaan apa saja yang harus dilakukan.

2. Menahan Surat
Pastikan sebelum Anda berlibur untuk menelpon ke pihak bank, asuransi atau langganan majalah untuk tidak mengirimkan surat pada saat Anda pergi berlibur. Hal ini untuk menghindari kotak surat menjadi penuh atau bahkan seseorang mungkin mengambil surat itu dan mencuri data pribadi Anda.

3. Membayar tagihan
Pembayaran tagihan yang tertunda adalah hal yang paling tidak Anda inginkan saat kembali dari berlibur. Belum lagi denda yang tidak diinginkan, jadi untuk menghindarinya pastikan untuk meminta kepada bank melakukan debet otomatis terhadap tagihan Anda.

4. Membersihkan Dompet
Buang semua hal yang tidak diperlukan di perjalanan, seperti kartu kredit tambahan. Jika Anda menjadi korban perampokan atau pencurian, setidaknya Anda hanya akan melakukan pemblokiran sedikit kartu. Simpan kartu-kartu ini di tempat yang aman.

5. Membuat Salinan Dokumen
Pastikan untuk membuat salinan dokumen penting seperti kartu kredit dan paspor, kalau-kalau ada sesuatu yang dicuri. Beberapa orang mungkin akan memindai dokumen-dokumen tersebut dan mengirimkan email kepada diri mereka sendiri, tapi beberapa orang merasa tidak aman dengan cara ini. Pilihan ada di tangan Anda, mana metode yang paling aman menurut Anda.

6. Peringatkan Bank
Sediakan waktu 5 menit untuk melakukan panggilan ke bank dan memberitahu mereka mengenai liburan Anda, apalagi jika Anda bepergian ke luar negri. Cara ini untuk mencegah masalah yang timbul jika ternyata kartu debit atau kredit Anda tidak bisa digunakan di negara tujuan.

7. Meminta Bantuan Teman
Bagi beberapa pasangan pengantin baru, mereka mungkin masih menunggu datangnya paket dari rekan atau keluarga. Paket ini bisa saja tiba pada saat Anda berlibur, jadi mintalah bantuan teman untuk menerima paket tersebut dan menyimpannya selama Anda berlibur. Hal ini untuk mencegah paket jatuh ke tangan yang salah.

8. Memberitahu Kalau Anda Berlibur
Nyalakan pemberitahuan otomatis kalau Anda berlibur di email Anda, sehingga saat ada seseorang yang mencoba menghubungi Anda, akan segera tahu kalau Anda tidak ada di tempat. Masukkan juga tanggal kapan Anda kembali sehingga mereka akan tahu kapan Anda bisa dihubungi atau membalas email mereka.

9. Cabut Semua Peralatan Elektronik
Hemat listrik dan kurangi tagihan dengan mencabut semua peralatan listrik saat Anda bepergian ke luar kota.

No comments:

Post a Comment