Pernahkah Anda merasakan liburan yang tidak sesuai impian? Misalnya
nomor bangku pesawat yang tak sesuai pemesanan, kamar hotel yang tak
seperti gambar pada brosur, atau jadwal tur yang tak tepat waktu. Kalau
pernah mengalaminya, sudah bisa diperkirakan jika semangat liburan Anda
akan luruh, berganti kekesalan atau marah.
Kalau sudah begitu,
Anda bisa memprotes agen travel atau manajemen hotel dan vila yang
merekomendasikan akomodasi serta tempat menginap ketika berlibur. Tapi
ada sejumlah hal yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan protes. Dan
kata penulis perjalanan situs Telegraph, Nick Trend, ada lima hal yang harus dilakukan waktu mengajukan komplain:
1. Langsung berbicara dengan agen travel
Ketika
Anda menyadari ada kesalahan fasilitas liburan, sebaiknya segera
berbicara dengan agen perjalanan, pemilik hotel atau vila. Kalau tidak,
bisa jadi mereka tidak sadar akan kesalahan yang ada. Kalau sudah
begitu, Anda tidak akan bisa menuntut mereka untuk memberikan kompensasi
atas kesalahan itu.
2. Tetap ramah
Ketika
mengajukan protes, cobalah tetap bersikap tenang dan wajar. Sehingga
Anda bisa tetap menjaga suasana liburan dengan menyenangkan dan tidak
memicu pertengkaran dengan agen perjalanan atau manajemen hotel dan
vila.
3. Jauhkan pikiran negatif
Tidak
selamanya liburan itu benar-benar menyenangkan. Ada saja masalah, meski
kecil, yang terjadi waktu Anda tengah berlibur. Karenanya Anda harus
tetap tenang dan menjauhkan pikiran negatif. Cobalah nikmati liburan
Anda, meski ada beberapa kekurangan atau tidak sepenuhnya sesuai dengan
harapan.
4. Simpan bukti
Ketika menemukan
ada yang tak beres dengan fasilitas liburan, ada baiknya Anda
mengumpulkan bukti yang mendukung protes ke agen perjalanan, manajemen
hotel atau pemilik vila. Misalnya saja bukti berupa foto, video,
keterangan beberapa saksi, atau kuitansi pembayaran. Didukung semua
bukti itu, niscaya Anda bisa mendapatkan kompensasi akibat liburan yang
rusak.
5. Kirim surat keluhan
Jika telah
kembali ke rumah, ada baiknya Anda segera menyusun surat keluhan ke agen
perjalanan, manajemen hotel, atau empunya vila. Jangan lupa, sertai
surat keluhan dengan lembaran bukti yang sudah Anda kumpulkan. Dalam
surat itu, Anda tidak perlu memaparkan seluruh kegiatan liburan, cukup
masalah yang didapat ketika berlibur saja.
Itulah lima hal yang
harus dilakukan jika liburan mendadak tidak sesuai rencana karena
kesalahan agen perjalanan atau manajemen hotel dan vila. Tapi semoga
saja Anda tak menemukan liburan yang berantakan.
No comments:
Post a Comment