Tuesday, September 20, 2011

Hal yang Harus Dilakukan Jika Liburan Berantakan

Pernahkah Anda merasakan liburan yang tidak sesuai impian? Misalnya nomor bangku pesawat yang tak sesuai pemesanan, kamar hotel yang tak seperti gambar pada brosur, atau jadwal tur yang tak tepat waktu. Kalau pernah mengalaminya, sudah bisa diperkirakan jika semangat liburan Anda akan luruh, berganti kekesalan atau marah.

Kalau sudah begitu, Anda bisa memprotes agen travel atau manajemen hotel dan vila yang merekomendasikan akomodasi serta tempat menginap ketika berlibur. Tapi ada sejumlah hal yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan protes. Dan kata penulis perjalanan situs Telegraph, Nick Trend, ada lima hal yang harus dilakukan waktu mengajukan komplain:

1. Langsung berbicara dengan agen travel

Ketika Anda menyadari ada kesalahan fasilitas liburan, sebaiknya segera berbicara dengan agen perjalanan, pemilik hotel atau vila. Kalau tidak, bisa jadi mereka tidak sadar akan kesalahan yang ada. Kalau sudah begitu, Anda tidak akan bisa menuntut mereka untuk memberikan kompensasi atas kesalahan itu.

2. Tetap ramah

Ketika mengajukan protes, cobalah tetap bersikap tenang dan wajar. Sehingga Anda bisa tetap menjaga suasana liburan dengan menyenangkan dan tidak memicu pertengkaran dengan agen perjalanan atau manajemen hotel dan vila.

3. Jauhkan pikiran negatif

Tidak selamanya liburan itu benar-benar menyenangkan. Ada saja masalah, meski kecil, yang terjadi waktu Anda tengah berlibur. Karenanya Anda harus tetap tenang dan menjauhkan pikiran negatif. Cobalah nikmati liburan Anda, meski ada beberapa kekurangan atau tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan.

4. Simpan bukti

Ketika menemukan ada yang tak beres dengan fasilitas liburan, ada baiknya Anda mengumpulkan bukti yang mendukung protes ke agen perjalanan, manajemen hotel atau pemilik vila. Misalnya saja bukti berupa foto, video, keterangan beberapa saksi, atau kuitansi pembayaran. Didukung semua bukti itu, niscaya Anda bisa mendapatkan kompensasi akibat liburan yang rusak.

5. Kirim surat keluhan

Jika telah kembali ke rumah, ada baiknya Anda segera menyusun surat keluhan ke agen perjalanan, manajemen hotel, atau empunya vila. Jangan lupa, sertai surat keluhan dengan lembaran bukti yang sudah Anda kumpulkan. Dalam surat itu, Anda tidak perlu memaparkan seluruh kegiatan liburan, cukup masalah yang didapat ketika berlibur saja.

Itulah lima hal yang harus dilakukan jika liburan mendadak tidak sesuai rencana karena kesalahan agen perjalanan atau manajemen hotel dan vila. Tapi semoga saja Anda tak menemukan liburan yang berantakan.

No comments:

Post a Comment