Wednesday, December 7, 2011

Biaya yang Bisa Dihindari Selama Liburan


1. Biaya Bagasi
Hindari biaya tambahan untuk bagasi pesawat dengan memilih penerbangan yang memberikan gratis untuk bagasi. Cara lain untuk menghindari ini adalah dengan memastikan bagasi Anda sesuai dengan standar bagasi penerbangan tersebut. Jika Anda membawa banyak barang bawaan, cobalah  berhitung apakah akan lebih mudah menggunakan jasa pengiriman dibandingkan membawanya bersama Anda.


2. Biaya Pembatalan Tiket
Anda bisa menghindari biaya apa pun yang berhubungan dengan pembatalan atau perubahan tiket Anda, dengan melakukan perubahan 24 jam setelah melakukan pemesanan. Dan aturan ini diterapkan oleh semua perusahaan penerbangan. Atau Anda juga bisa memilih penerbangan yang tidak menerapkan biaya pembatalan atau perubahan.

3. Asuransi Mobil Sewaan
Biasanya mobil sewaan Anda sudah dilindungi oleh asuransi. Cobalah menghubungi perusahaan persewaan mobil sebelum memesan. Dan kartu kredit Anda juga biasanya dilindungi oleh asuransi perlindungan dari kecelakaan. Namun, mungkin memang Anda harus mengambil asuransi yang ditawarkan persewaan mobil itu jika Anda belum memilikinya.

4. Perlengkapan Hotel
Beberapa hotel memberikan biaya tambahan untuk beberapa perlengkapan hotel. Untuk menghindari hal ini tanyakan lebih dulu kepada penerima tamu, perlengkapan apa saja yang akan dikenai biaya jika Anda memakainya. Tanyakan juga kepada mereka minimarket terdekat, agar Anda bisa segera membeli kebutuhan Anda sendiri.

5. Akses Internet
Akses Internet belakangan memang diberikan sebagai bagian dari layanan kamar hotel. Namun ada beberapa hotel yang akan menarik biaya penggunaan Internet di kamar. Saat check in, tanyakan kepada petugas area mana saja di hotel itu yang bebas menggunakan Internet. Atau jika memang tidak disediakan, Anda mungkin bisa pergi ke kedai kopi atau rumah makan terdekat yang menyediakan sambungan Internet gratis.

6. Biaya Roaming
Jika hendak bepergian ke luar negeri untuk beberapa hari, coba tanyakan kepada operator seluler Anda apakah akan ada biaya roaming jika Anda menerima panggilan di negara lain. Atau mereka menyediakan paket roaming yang mungkin berguna bagi Anda sementara. Cari tahu dengan teliti biaya dan beban yang akan dikenakan kepada Anda jika menggunakan telepon di luar negeri. Atau Anda bisa memastikan hanya menggunakan sambungan WiFi untuk telepon Anda daripada harus mengaktifkan data seluler. Atau cara lain yang lebih murah adalah dengan membeli kartu telepon lokal, tapi pastikan sebelumnya kalau telepon yang Anda gunakan bisa menerima kartu lokal negara lain.

7. Biaya Transaksi Kartu Kredit
Cobalah menarik uang yang akan Anda gunakan untuk liburan dan taat pada anggaran. Dengan cara ini Anda tidak perlu membayar biaya tambahan kartu kredit untuk pengeluaran ekstra. Jika Anda tidak biasa melakukan pembayaran tunai, gunakan kartu kredit yang tidak akan menerapkan biaya tambahan kepada Anda saat melakukan transaksi di luar negeri.

No comments:

Post a Comment