Wednesday, November 16, 2011

Cara Hindari Pelecehan Saat Berlibur


Ketika bepergian, anda merasa senang, ketika banyak orang memperhatikan Anda dengan penuh rasa ingin tahu. Tapi kadang-kadang, perhatian seperti ini bisa menjadi sebuah pelecehan bagi Anda.


Tantangannya disini adalah anda tidak sedang berada di kawasan sendiri. Tentu saja aturan hukum, atau penerimaan orang lokal dan interaksi dengan wanita berbeda dari biasanya.



1. Berpakaian yang Pantas Sesuai Tujuan Anda
Salah satu cara untuk mengaburkan perhatian dari sekitar Anda adalah dengan berpakaian seperti orang lokal. Sebelum pergi ke sana, cobalah untuk melakukan penelitian tentang negara itu dan perhatikan apa yang mereka kenakan. .

2. Kenali Pengaruh Budaya
Cara terbaik adalah dengan melakukan pendekatan terhadap wanita di daerah itu dan menanyakan cara menanggapinya. Cara ini juga merupakan kesempatan untuk memperlajari apa isu nyata bagi wanita dalam kebudayaan mereka.

3. Bicara dan Lawan
Anda akan tahu perbedaannya antara mendorong atau meraba Anda. Jika hal ini menimpa Anda, berteriaklah untuk menarik perhatian orang di sekitar Anda. Dan orang lain akan berusaha menolong dan mungkin saja berdiri di hadapan orang yang mencoba melakukan pelecehan terhadap Anda.

4. Menghubungi Pihak Berwajib
Meski demikian, ingatlah selalu untuk mencatat nomor darurat lokal di telepon genggam Anda, tapi tetap berhati-hati dengan tindakan yang Anda ambil. Dalam situasi yang serius seperti penyerangan, akan lebih baik untuk menelpon kedutaan besar lokal setempat dan biarkan mereka membantu menyelesaikan situasi ini dengan polisi lokal.

5. Bepergian Dengan Bijak
Seringkali Anda akan merasakan jika situasi yang Anda hadapi tidak aman. Jika seseorang memanggil Anda di jalan, abaikan. Tapi jika Anda merasa situasinya memanas, pastikan Anda memiliki rencana dan strategi untuk melarikan diri.

6. Punya Pandangan yang Benar
Tidak ada alasan untuk merasa takut saat bepegian. Orang lokal biasanya senang melihat orang asing mengunjungi kota mereka dan kebanyakan, Anda tidak akan keberatan. Kemanapun Anda pergi, berjalanlah dengan kepala tegak  dan wajah yang tegas. Teliti kembali daerah tujuan dan bangkitkan rasa percaya diri dan kekuatan Anda, maka Anda akan selalu siap kemanapun tantangan membawa Anda.

No comments:

Post a Comment